Jangan Dibuang, Ternyata Kulit Semangka Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

manfaat kulit semangka

Manfaat Kulit Semangka


Semangka adalah buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan buah ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan.

Buah semangka bisa dimakan secara langsung maupun diolah menjadi berbagai jenis olahan, seperti salad ataupun jus.

Namun, tidak sedikit orang yang salah dalam mengonsumsi buah ini. Kebanyakan orang hanya mengonsumsi dagingnya saja, tidak dengan kulitnya.

Alih-alih dikonsumsi, bahkan saat semangka dikupas, kulitnya langsung dibuang begitu saja. Apakah kamu juga melakukannya?

Padahal, kulit semangka punya beberapa manfaat untuk kesehatan, loh.

Dikutip dari laman HelloSehat, setidaknya ada empat manfaat dari kulit semangka. Berikut diantaranya:

Baca juga: Makan Cokelat Bisa Buat Panjang Umur, Hoax Atau Fakta?

1. Meningkatkan Libido

Tahukah kamu kalau kulit semangka disebut sebagai obat kuat alami yang bisa membantu pria dalam mengatasi disfungsi ereksi? Yap, dikatakan jika kulit semangka bisa membuat pria menjadi tahan lama di ranjang. Cara mengonsumsinya bisa dimakan langsung ataupun diolah menjadi jus.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat kulit semangka selanjutnya adalah bisa menstabilkan tekanan darah. Bagi kamu yang punya tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka bisa memanfaatkan kulit semangka untuk bisa menormalkannya kembali. Hal tersebut dikarenakan kulit semangka memiliki kandungan citrulline yang dapat menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh.

3. Mencegah Kanker Prostat

Kulit semangka juga bisa mencegah kanker prostat. Hal tersebut dikarenakan kulit semangka memiliki kandungan likopen, antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa menangkal perkembangan sel kanker. Jadi, kulit semangka bisa menurunkan risiko kanker prostat.

4. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Dan yang tak kalah penting juga ternyata kulit semangka bisa memberikan kebugaran untuk tubuh. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Universidad Politectica de Cartagena di Spanyol kepada para atlet. Maka, bagi kamu yang suka berolahraga, kulit semangka sangat berguna untuk meningkatkan stamina dan kebugaran.

Baca juga: Inilah Segudang Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan

Nah, itulah manfaat kulit semangka yang harus kamu ketahui. Kalau tidak terbiasa memakannya secara langsung, kamu bisa mengolahnya menjadi jus. Tapi kalau tidak suka, jangan dipaksakan, ya!