6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan



Daun kemangi adalah jenis sayuran yang biasa digunakan sebagai sayur lalap ataupun penyedap masakan. Jika digunakan sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dikonsumsi secara langsung, alias mentah.

Daun kemangi juga terbilang sebagai sayuran yang unik karena memiliki rasa dan aroma yang sangat khas.

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Namun, di balik itu semua ternyata daun kemangi punya berbagai manfaat baik untuk kesehatan, loh. Apa saja manfaat daun kemangi? Berikut diantaranya:

Baca juga: Makan Cokelat Bisa Buat Panjang Umur, Hoax Atau Fakta?

1. Manfaat daun kemangi untuk mengatasi bau badan

Apakah kamu punya masalah bau badan? Kalau benar, maka kemangi adalah salah satu solusinya. Sebab daun kemangi bisa menghilangkan bau badan secara alami. Hal tersebut dikarenakan kandungan daun kemangi bisa membunuh bakteri penyebab bau badan.

2. Manfaat daun kemangi untuk mencegah bau mulut

Selain bisa mengatasi bau badan, daun kemangi juga ampuh untuk mencegah bau mulut. Daun kemangi memiliki wangi atau aroma yang cukup khas. Nah, aroma itu sangat kuat sehingga bisa melawan aroma tak sedap pada mulut.

3. Manfaat daun kemangi untuk meningkatkan nafsu makan

Tahukah kamu kalau ternyata aroma daun kemangi bisa meningkatkan selera makan? Yap, oleh karenanya banyak orang jaman dulu menggunakan daun kemangi sebagai jamu herbal untuk menambah nafsu makan.

4. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan jantung

Daun kemangi mengandung magnesium, beta karoten, dan mineral yang berfungsi untuk melindungi dan memelihara kesehatan jantung. Jadi, sayuran wangi yang satu ini bisa kamu konsumsi dari sekarang untuk menjaga kesehatan jantung di hari tua.

Baca juga: Jangan Dibuang, Ternyata Kulit Semangka Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

5. Manfaat kemangi untuk menurunkan gula darah

Hati-hati dengan gula darah. Sebab penyakit ganas ini sulit dideteksi dari awal. Untuk menurunkan kadar gula dalam darah, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah makan kemangi secara rutin.

6. Manfaat kemangi untuk kesuburan

Daun kemangi bisa merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen di dalam tubuh sehingga tingkat kesuburan akan meningkat. Hebatnya lagi, daun kemangi juga bisa menambah masa hidup sperma sehingga pembuahan dapat dilakukan dengan baik.

Nah, itulah beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel kesehatan makanan lainnya hanya di Gagaldiet.com.