Awas, Inilah 6 Makanan Penyebab Sembelit yang Perlu Diketahui


Sembelit adalah gangguan pencernaan yang membuat seseorang sulit untuk buang air besar. Ketika sudah sembelit, maka kotoran akan menjadi mengeras sehingga terjadi gesekan yang luar bisa dan kadang menimbulkan luka.

Gangguan pencernaan yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. Sebab jika terus dibiarkan, maka akan menimbulkan penyakit yang lebih serius, salah satunya adalah kanker usus.

Maka dari itu, sedari sekarang alangkah baiknya jika kita menjaga kesehatan dengan mengetahui makanan apa saja yang menjadi penyebab utama sembelit.

Baca juga: Kopi Bisa Mencegah Parkinson, Hoax Atau Fakta?

Makanan Penyebab Sembelit

Adapun makanan penyebab sembelit adalah sebagai berikut:

1. Gorengan

Bagi kamu yang suka gorengan, sebaiknya dikurangi dari sekarang. Sebab minyak yang berlebih pada gorengan dapat menghancurkan serat di dalam makanan. Akibatnya gerak usus akan terhambat yang akhirnya menyebabkan sembelit. 

2. Daging Merah 

Perlu diketahui, daging merah sangat minim serat dan tinggi lemak. Ketika kamu doyan mengonsumsi daging merah, harusnya diimbangi dengan konsumsi air putih dan buah-buahan agar tidak terjadi sembelit.

3. Pisang Mentah 

Pisang mentah mengandung rantai glukosa panjang yang cukup sulit dicerna. Pisang mentah juga mengandung tanin yang akan menghambat laju makanan pada usus. Jadi, jika ingin makan pisang, pastikan bahwa pisang tersebut sudah matang.

4. Kue Kering

Sama halnya seperti gorengan, kue kering juga rendah cairan dan serat. Sehingga jika terlalu banyak dikonsumsi akan memicu terjadinya sembelit. Terlebih lagi jika kue kering tersebut menggunakan soda, maka bisa mengganggu sistem cerna.

5. Minuman Bersoda

Apakah kamu suka minuman bersoda? Kalau benar, maka kurangilah dari sekarang. Sebab, soda sangat mengancam kesehatan usus dan organ penting di dalam perut. Pada tahapan yang serius, soda juga bisa membuat peradandangan usus yang hebat.

6. Makanan Asin

Makanan asin atau yang banyak mengandung garam bisa menarik serat kadar air di dalam tubuh. Akibatnya, kamu akan menjadi mudah haus dan pencernaan terganggu. Jadi, imbangilah makanan yang dikonsumsi, jangan terlalu asin ataupun manis.

Nah, itulah makanan penyebab sembelit yang perlu kamu ketahui dari sekarang. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Gagaldiet.com.