6 Penyebab Gagal Diet yang Wajib Kamu Ketahui

gagal diet

Gagal diet adalah sebuah hal yang ditakuti oleh setiap orang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Bagaimana tidak, usaha yang dilakukan dengan mati-matian, akan percuma, alias tidak dapat hasil maksimal ketika diet gagal.

Sebab, diet dilakukan tidak hanya sehari atau dua hari saja, tapi bisa sampai berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Tentu saja usaha ini harus mendapat hasil agar tidak muncul kekecewaan di kemudian hari.

Penyebab Gagal Diet

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab gagal diet yang tidak disadari oleh pelaku diet itu sendiri. Sehingga walaupun sudah mengurangi porsi makan, berat badan tidak akan turun.

Lantas, apa saja penyebab gagal diet? Simak informasinya berikut ini.

1. Tidak Sarapan

gagal diet
photo: pexels.com
Penyebab gagal diet yang pertama adalah karena sering melewatkan sarapan. Banyak pelaku diet yang sengaja tidak sarapan dengan alasan supaya porsi makan bisa berkurang. Padahal sebenarnya teori itu salah. Ketika tidak sarapan, tubuh kita akan menjadi lemas sehingga pada siang hari kita akan menjadi lebih ganas untuk menyantap berbagai macam makanan.

2. Kurang Minum Air Putih

minum air putih
Photo: orami
Penyebab gagal diet selanjutnya adalah tidak cukup mengonsumsi air putih. Penting untuk diketahui, air putih bisa membantu dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Nantinya lemak yang dibakar akan berubah menjadi uap, lalu keringat. Maka dari itu, cukupilah kebutuhan air putih agar proses diet menjadi lancar.

3. Tidak Olahraga

malas olahraga
Photo: pexels.com
Diet tidak akan berhasil ketika tidak dibarengi dengan olahraga yang rutin. Sebab, olahraga bisa membuang lemak di dalam tubuh secara efektif. Semakin banyak keringat yang dikeluarkan, maka semakin baik pula hasilnya untuk penurunan berat badan. Oleh karenanya, pelaku diet harus rutin berolahraga setiap hari, minimal 15 menit.

4. Terlalu Banyak Tidur dan Bermalas-malasan

banyak tidur
Photo: pexels.com
Diet adalah proses penurunan berat badan yang dilakukan dengan cara mengurangi porsi makan. Dengan begitu, wajar saja jika setiap pelakunya akan merasa lemas seakan tak bertenaga sehingga malas melakukan aktivitas sehingga lebih memilih untuk tidur. Namun, jika kebanyakan tidur justru tidak baik dan bisa menggagalkan diet. Usahakan untuk tetap beraktivitas walau hanya sekedar bersih-bersih rumah.

5. Tidak Bisa Mengelola Stres

stres kerja
Photo: pexels.com
Stres adalah sebuah hal yang sangat merugikan kesehatan. Selain itu, stres juga bisa membuat diet menjadi gagal. Oleh sebab itu, kelola stres dengan baik. Refleksikan diri agar stres hilang, misalnya melakukan yoga ataupun mendengarkan musik agar pikiran menjadi tenang.

6. Pola Diet yang Salah

menu diet
Photo: pexels.com
Maksud dari pola diet yang salah adalah ketika kita tidak mengatur jadwal makan serta menu makanan yang dikonsumsi. Ketika diet, usahakan untuk makan tepat waktu sesuai yang ditentukan. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, ikan, dan buah-buahan agar proses diet berjalan lancar.

Itulah beberapa penyebab gagal diet yang harus kita ketahui agar proses penurunan berat badan menjadi lancar dengan hasil maksimal.