Inilah Beberapa Minuman Khas Bali yang Rasanya Enak dan Menyegarkan



Membahas tentang wisata kuliner, tentu saja setiap daerah pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Selain sebagai ikon, umumnya kuliner khas tersebut juga menjadi salah satu daya tarik yang untuk mengundang para wisatawan datang ke suatu tempat.

Sebab, aktivitas traveling tentu tidak lengkap rasanya jika tidak menjajal kenikmatan kuliner dari sebuah tempat yang dituju. Maka dari itu, kuliner khas suatu daerah menjadi hal yang penting dan harus dilestarikan.

Nah, berbincang tentang kuliner khas daerah, Indonesia adalah rajanya. Hampir semua provinsi dan wilayah di Indonesia punya kuliner khasnya masing-masing, salah satunya adalah Bali.

Ya, Bali merupakan pulau yang menjadi incaran bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara karena destinasi wisata dan kulinernya. Ada begitu banyak jenis makanan dan minuman di Bali yang sayang untuk dilewatkan.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang makanan khas Bali. Sekarang, kita akan membahas tentang minuman khas Bali yang tidak akan kita temukan di tempat lain. Penasaran apa saja minuman khas tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: 6 Makanan Khas Bali yang Nikmatnya Bikin Ketagihan

Es Daluman

es daluman bali

Minuman khas Bali yang satu ini memang terlihat mirip dengan es cincau pada umumnya. Namun jangan salah. Cincau dari es daluman ini berbeda. Cincaunya diolah dengan gula merah terlebih dahulu. Kabar punya kabar, es daluman yang disiram dengan air santan ini bisa melancarkan pencernaan, loh.

Es Loloh

es loloh bali
Photo: iniitu
Es loloh merupakan minuman khas Bali yang tidak akan kita temukan di tempat lain. Ya, es loloh merupakan salah satu minuman legend yang telah ada sejak jaman dulu di Bali. Biasanya, orang sekitar menyebutnya sebagai Loloh Cemcem, yang artinya jamu. Untuk rasa, es loloh cukup unik karena ada berbagai rasa menjadi satu, mulai dari asin, manis, pahit, dan sedikit pedas.

Es Tambring

es tambring bali

Minuman khas Bali selanjutnya adalah es tambring. Es yang satu ini terbilang sebagai es yang komplit isinya. Sebab di dalam satu porsi es tambring, kita akan menemukan kelapa muda, putih telur, dan asam jawa. Walau diisi telur, aromanya tetap tidak amis karena telah dicampur beberapa bahan alami yang menyehatkan.

Es Kuwut

es kuwut bali

Es kuwut adalah minuman segar yang berasal dari Bali. Mungkin kita bisa menjumpainya di tempat lain, namun dengan nama yang berbeda. Es kuwut sendiri berisi serutan daging kelapa muda, biji selasih, melon, dan jeruk nipis. Rasanya sangat segar sehingga cocok diminum pada siang hari.

Itulah beberapa minuman khas Bali yang sayang untuk dilewatkan. Selamat mencoba!