Selain Untuk Bumbu Masak, Bawang Putih Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

manfaat bawang putih

Manfaat Bawang Putih - Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang fungsinya sebagai penyedap rasa. Selain digunakan sebagai penyedap rasa, bawang putih juga sangat ampuh untuk membuat aroma makanan menjadi lebih harum sehingga bisa menggugah selera.

Namun, terlepas dari urusan dapur, tahukah Anda bahwa bawang putih juga punya segudang manfaat bagi kesehatan? Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih yang harus Anda ketahui:

Baca juga: Kopi Bisa Mencegah Parkinson, Hoax Atau Fakta?

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Bawang putih memiliki senyawa allicin yang berfungsi untuk membunuh virus dan bakteri di dalam tubuh. Jadi, tubuh Anda akan semakin kebal terhadap virus yang menyebabkan sakit atau flu ketika rutin mengonsumsi bawang putih.

2. Meningkatkan Daya Ingat


Manfaat bawang putih selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya ingat otak. Hal tersebut dikarenakan bawang putih kaya akan antioksidan yang mampu melawan oksidasi berlebih penyebab penurunan daya ingat.

3. Menyuburkan Rambut


Bagi Anda yang mengalami masalah rontok pada rambut, tidak ada salahnya untuk terapi bawang putih secara rutin. Sebab bawang putih ternyata bisa mengatasi rambut rontok dengan efektif. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan bawang putih pada kulit kepala secara merata dan rutin.

4. Menormalkan Tekanan Darah


Bawang putih juga bisa menormalkan tekanan darah karena kandungan polisulfida yang dimilikinya. Lebih dari itu, mengonsumsi bawang putih juga akan mencegah risiko serangan jantung dan stroke di hari tua.

5. Menghilangkan Jerawat


Siapa sangka ternyata bumbu dapur yang satu ini juga bisa mengatasi jerawat berlebih pada wajah. Sifat anti radang yang dimiliki bawang putih bisa mengusir bakteri yang menumpuk pada wajah sehingga jerawat pun akan teratasi dengan mudah.

Nah, itulah beberapa manfaat bawang putih yang harus Anda ketahui. Jadi, bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja, tapi juga baik untuk kesehatan.

Baca juga: Ngeri, Inilah 4 Diet Ekstrim yang Sebaiknya Jangan Dicoba!